cara Recovery Windows 10

Cara Recovery Windows 10 Pada Laptop

Pernahkah Anda mengalami masalah pada laptop dengan Windows 10? Jika ya, mungkin Anda memrlukan recovery Windows 10 unuk dapat menyelesaikan masalah pada laptop Anda. Kali ini akan dipaparkan cara recovery Windows 10 pada laptop. Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu tentang recovery.

Apa Itu Recovery?

Recovery adalah salah satu kegiatan yang memiliki tujuan untuk dapat mengembalikan keadaan suatu objek yang di –recover menjadi dalam keadaan pabrik. Dalam hal ini, semua sistem operasi dan pengaturan akan dikembalikan menjadi kondisi semula alias default.

Biasanya, laptop yang akan dilakukan recovery mengalami masalah yang tidak biasa terjadi. Namun, kebanyakan orang memilih untuk recover laptopnya karena kinerja laptop yang mulai melambat dan sering hang. Mungkin juga disebabkan karena fitur Windows Update yang disable.

Sebelum lanjut ke cara recovery Windows 10, ketahui terlebih dahulu kegunaannya. Lalu, apa saja masing-masing kegunaan dari recovery pada laptop? Berikut merupakan penejelasannya.

1.    System Restore Point

Fitur ini sebenarnya sudah terdapat pada Windows versi-versi sebelumnya. System Restore Point dapat memungkinkan Anda untuk dapat mengembalikan laptop Anda ke tanggal yang lebih awal.

Perlu diketahui fitur ini dinonaktifkan secara default pada sistem operasi Windows 10. Anda harus mengaktifkan kembali agar bisa menggunakan fitur ini. Apabila laptop Anda bermasalah, Anda bisa gunakan fitur ini untuk mengatasi masalahseperti driver, instal program dan lain sebagainya.

2.    Reset This PC

Fungsi reset this PC ini yakni untuk mengatur ulang laptop Windows 10 Anda ke aturan default. Anda bisa melakkannya tanpa harus mengahapus data-data Anda terlebi dahulu. Apabila Anda memilik untuk mereset laptop Anda,maka Windows akan menginstalasi ulang laptop untuk Anda.

Apabila Anda bingung bagaimana cara reset laptop yang tidak bisa di-booting, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat 2 cara yang dapt dilakukan, Anda bisa menggunakan USB Recovery Drive yang sudah dibuat sebelumnya, atau memakai Windows 10 Installation Media untuk dapat mereset laptop/PC Anda.

3.    Kembali ke Build Sebelumnya

Opsi seperti ini akan muncul apabila Anda baru selesai melakukan pembaharuan laptop Windows 10 ke build baru. Jadi, opsi ini akan muncul samai 30 hari sejak Anda memperbarui Windows 10 ke Windows 10 Creators Update Build.

Fitur ini bermanfaat untuk mengembalikan laptop Windows 10 ke build sebelumnya dengan melakukan uninstall versi terbaru dari Windows 10. Fitur ini juga akan sangat berguna ketika Anda mengalami masalah saat memperarui Windows ke versi yang terbaru.

Cara Recovery Windows 10

Jika sudah mengetahui tentang recovery dan kegunaannya, maka selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara recovery Windows 10 pada laptop. Silakan ikuti cara recovery Windows 10 di bawah ini dengan baik dan benar.

1.    Menuju Menu Settings

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk me-recover laptop Windows 10 Anda adalah dengan menuju menu settings. Tekan tombol start pada laptop Anda, kemudian cari dan pilih Settings. Di sini, Anda juga bisa dengan cara klik kanan pada simbol start dan juga pilih Settings.

2.    Melakukan Recovery

Jika sudah menuju menu Settings, cara recovery Windows 10 selanjutnya adalah proses recovery. Klik bagian menu Update & Security, nantinya akan muncul halaman Windows Update. Kemudian, Anda pilih dan klik Recovery. Berikutnya, Anda sudah masuk ke halaman recovery, di sini Anda klik Get Started pada pilihan Reset This PC.

3.    Menghapus Aplikasi

Pada tampilan halaman choose an option, pilihan Keep My File dipilih apabila Anda hanya ingin menghapu aplikasi yang pernah dipasang sebelumnya dengan pengaturan yang berasal dari laptop.

Sementara itu, pilihan kedua yaitu Remove Everything. Menu ini dipilih apabila Anda ingin mengembalikan laptop ke kondisi pengaturan pabrik. Jika memilih menu ini, maka semuaa data-data yang ada di laptop akan terhapus. Namun, jika ingin recovery sebaiknya Anda pindahkan terlebih dahulu semua data-datanya ke media lain.

4.    Memilih Partisi

Langkah berikutnya laptop akan mendeteksi bahwa di laptop tersebut terdapat harddisk atau media penyimpanan yang dibuat oleh lebih dari satu partisi. Apakah Anda ingin menghapus semua file yang ada di semua partisi?

Pilihan pertama yaitu Only the Drive Where Windows is Installed, dipilih jika ingin me-recovery harddisk pada suatu partisi sistem saja. Artinya, hanya sistem saja yang dihapus, tetapi partisi lainnya (D) tidak. Pilihan kedua yaitu All Drives, pilihan ini dipilih jika ingin semua partisi dihapus. Anda bisa memilih opsi ini.

5.    Membersihkan Harddisk

Cara recovery Windows 10 berikutnya, akan muncul jendela dengan pilihan yang sama seperti sebelumnya. Ada pilihan Do You Want to Clean the Drive, too? Pilihan pertama dipilih jika Anda ingin menghapus semua dokumen saja dan ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Ada pilihan kedua yaitu dipilih jika Anda ingin menghapus dokumen dan juga membersihkan harddisk. Proses ini memerlukan waktu beberapa jam. Namun perlu Anda ketahui bahwa pilihan kedua ini akan menyulitkan seseorang.

Dalam hal ini maksudnya adalah Anda tidak akan pernah bisa lagi untuk dapat mengembalikan file yang pernah ada di dalam harddisk sebelumnya. Sementara itu, pilihan pertama masih memungkinkan Anda untuk dapat menemukan dokumen atau file.

6.    Muncul Peringatan

Jika sudah mempertimbangkan dan memilih hal-hal sebelumnya, selanjutnya akan muncul sebuah peringatan. Laptop sudah ditingkatkan ke versi Windows 10 terbaru. Apabila laptop tersebut direset, maka Anda membatalkan pembaruan Windows dan akan kembali pada pengaturan versi Windows sebelumnya. Pilihlah Next untuk melanjutkannya.

7.    Melakukan Reset

Cara recovery Windows 10 yang terakhir adalah dengan melakukan reset laptop. Di sini terdapat beberapa penjelasan bahwa laptop siap untk direset. Proses reset akan menghilangkan semua data pribadi dan akun pengguna dari laptop, akan meng-uninstall semua aplikasi dan program yang ada, dan juga menghapus semua pengaturan yang telah dibuat di laptop.

Baca ketentuan tersebut baik-baik sebelum Anda yakin ingin me-recovery laptop Windows 10 Anda. Pertimbangkan kembali sampai yakin, sebab semua pengaturan, data dan aplikasi yang ada di laptop Anda akan hilang dan kembal ke pengaturan pabrik.

Jika Anda sudah yakin dan mempertimbangkannya dengan matang, maka selanjutnya adalah proses reset. Di bagian bawah terdapat dua kotak pilihan yang terdiri dari pilihan Reset dan Cancel. Pilih Reset untuk melakukan reset ulang laptop ke pengaturan pabrik. Selesai.

Sampai disitu, cara recovery Windows 10 sudah selesai. Tunggu saja sampai proses recovery selesai. Nantinya laptop akan dihidupkan ulang dan menyala kembali, namun dengan semua pengaturan pabrik. Anda akan melihat tampilan laptop seperti saat awal membeli laptop tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.