cara menghilangkan malware Android

Cara Menghilangkan Malware Android, Dapat Membersihkan Virus Dengan Cepat

Kehadiran malware di smartphone sangat menganggu kinerja ponsel, sehingga para pengguna punmerasa kurang nyaman. Maka dari itu tak heran apabila terdapat banyak pengguna yang mencari tahu mengenai cara menghilangkan malware Android dengan cepat dan mudah.

Pada dasarnya kehadiran malware ini tidaklah secara tiba-tiba, melainkan ketika kamu tidak sengaja mengakses internet yang situsnya illegal. Biasanya di situ-situs seperti inilah yang mempunyai virus malware, dimana virus ini dapat menginfeksi ponsel.

Apa itu Malware?

Malware sendiri mempunyai singkatan malicious warfare atau perangkat lunak yang jahat. Malware dibagi menjadi dua yakni ringan dan berat. Malware ringan biasanya berupa ikan pop-up yang muncul, namun yang berat tidak tampak dan bisa langsung menyerangkat sistem perangkat lunak lainnya.

Jangan Panik! Ketahui Cara Menghilangkan Malware Android Untuk Melindungi Ponsel Kamu

1. Memakai safe mode

Tahukah kamu apa fungsi utama safe mode atau mode pesawat pada perangkat smartphone atau laptop?. Hampir semua pengguna hanya mengenal mode ini dapat mematikan jaringan saja, namun pada faktanya manfaat itu bisa lebih.

 

Safe mode dapat digunakan ketika smartphone diserang oleh malware. Menggunakan safe mode merupakan salah satu cara menghilangkan malware Android yang sangat mudah kamu lakukan, karena hanya dengan mengaktifkannya lewat ponsel tanpa melakukan langkah lain.

 

Hal ini dapat kamu coba ketika ingin menyelamatkan data atau memindahkannya ke perangkat lain karena terdapat salah satu aplikasi yang terinfeksi. Lewat safe mode inilah kamu dapat tetap memakai ponsel dengan sebagaimana mestinya.

Selain itu safe mode juga bisa membatasi adanya kerusakan yang disebabkan oleh malware. Ada sejumlah smartphone yang menyediakan satu fitur dengan nama safe mode yang dapat dicari dengan menahan tombol Off On pada HP.

2. Bersihkan file-file yang mencurigakan

Untuk cara menghilangkan malware Android yang berikutnya adalah membersihkan file-file yang mencurigakan. Biasanya HP yang sudah terinfeksi akan menyimpan file-file dengan nama aneh dan tidak bisa dibuka. Kamu dapat mengeceknya lewat file manager.

 

Silahkan cek satu per satu nama file yang ada, jika terdapat file dengan nama mencurigakan langsung saja hapus. Hal ini bertujuan agar file tersebut tidak menginfeksi file kamu yang lainnya.

3. Segera nonaktifka ponsel

Ketika handphone sudah terserang virus malware maka cara menghilangkan malware Android yang tepat adalah dengan menonaktifkan ponsel. Adapun tujuannya adalah menghentikan penyebaran virus agar kerusakan tidaklah semakin parah.

 

Selain itu kamu bisa mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jadi selagi menunggu ponsel akan tetap menjaga sistemnya agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

4. Copot aplikasi yang sudah terinfeksi

Cara menghilangkan malware Android yang keempat adalah dengan menghapus aplikasi yang telah terinfeksi. Cara kerja malware bisa sangat lambat bisa pula agresif. Oleh karenanya target utama penyerangan adalah aplikasi ataupun file-file yang tersimpan dalam HP.

 

Apabila kamu merasa bahwa terdapat satu aplikasi yang kinerjanya aneh bahkan hank maka kemungkinan ada virus malware yang menyerangnya. Untuk itu segera buka menu Setting yang ada di smartphone dan pilih aplikasi agar menemukan nama aplikasi-aplikasi yang terserang.

 

Setelah itu kamu uninstall aplikasi yang sekiranya dipastikan benar-benar terserang. Hapus semua data yang ada disana utnuk menghilangkan serangan virus dan menghentikannya disana. Apabila aplikasi itu penting kamu bisa mendownloadnya ulang setelah virus bersih.

5. Memasang aplikasi malware protection

Memasang aplikasi malware protection menjadi cara menghilangkan malware Android terakhir yang dapat kamu lakukan setelah opsi-opsi diatas tidak memberikan hasil yang maksimal. Di Play Store terdapat beberapa aplikasi yang dapat menjaga keamanan ponsel.

 

Selain itu aplikasi tersebut dapat menghapus malware yang terlanjur masuk ke ponsel. Namun jangan memilih aplikasi yang kurang rekomendasi karena kamu belum tahu bagaimana kinerjanya. Nah, berikut ini akan disajikan pula nama-nama aplikasi yang terpercaya.

Aplikasi Malware yang Terpercaya dan Rekomendasi Digunakan

1. MalwareFox Anti-Malware

MalwareFox Anti-Malware merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan cara menghilangkan malware Android yang cukup efektif. Pasalnya aplikasi ini dapat mendeteksi bkeberadaan virus dengan cepat dan membersihkannya.

 

Selain itu aplikasi ini bisa bekerja untuk aplikasi yang berbahaya serta file yang dapat mempengaruhi kerusakan sistem. Dapat dikatakan apabila MalwareFox Anti-Malware bisa memberikan perlindungan secara nyata dan sempurna pada ponsel kamu.

2. F-Secure Safe

Cara menghilangkan malware Android bisa juga kamu lakukan menggunakan aplikasi F-Secure Safe. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya karena aplikasi yang satu ini dapat memberikan perlindungan yang kuat untuk smartphone kamu.

 

Menariknya F-Secure Safe dapat memberikan perlindungan dari beragam jenis ancaman sekaligus. Seperti malware, virus online, dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi ini juga dinilai mempunyai kinerja paling baik untuk smartphone kamu.

Setelah mengetahui informasi mengenai cara menghilangkan malware Android diatas mungkin kamu masih bingung dengan ciri-ciri ponsel yang sudah terinfeksi. Adapun berikut adalah ciri-cirinya.

  1. Muncul iklan Pop-Up

Iklan menjadi salah satu masalah yang banyak dikeluhkan namun diabaikan. Pasalnya iklan ini sangat menganggu penggna dalam menggunakan ponsel. Namun yang harus kamu tahu kemunculan iklan pop-up secara berlebihan bisa menjadi pertanda bahwa ponsel terserang virus malware.

  1. Kinerja HP menjadi lemot

Ciri-ciri berikutnya adalah kinerja handphone kamu menjadi lebih lemot dari biasanya. Akan tetapi ciri-ciri ini juga bisa dikarenakan penggunaan HP yang terlalu lama dan terserang virus malware. Untuk itu kamu perlu memeriksanya dengan melihat sisa penyimpanan, dan RAM.

  1. Sinyal sering putus

Sinyal merupakan kebutuhan penting untuk kamu saat mempunyai ponsel. Tanpa adanya sinyal internet kamu tidak akan berjalan dengan lancar bahkan tidak bisa digunakan. Sinyal sering terputus menjadi salah satu pertanda bahwa ponsel kamu sudah terserang virus malware.

 

Hanya umumnya sinyal terputus juga dapat disebabkan karena jaringan tidak stabil. Oleh sebabnya kamu harus bisa memastikan terlebih dahulu agar mengetahui apa penyebabnya.

  1. HP lebih sering panas

Tidak sedang banyak digunakan untuk beraktifitas tiba-tiba hanphone menjadi lebih sering panas?. Mungkin ponsel sudah terinfeksi virus malware sehingga sistem lebih banyak bekerja dan suhunya cepat naik. Hal ini dikarenakan adanya aplikasi yang berjalan tanpa persetujuan kamu.

  1. Baterai boros

Ciri berikutnya bisa kamu lihat pada penggunaan baterai. Apabila kamu baru membeli handphone namun baterai cepat boros padahal tidak banyak bekerja, dipastikan virus sudah menginfeksi ponsel. Untuk itu kamu perlu mencegahnya dengan memasang aplikasi atau menghapus file-file lain.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan malware Android beserta aplikasi dan ciri-cirinya. Virus ini memang bisa dihilangkan namun apabila sudah terlalu menumpuk dan kuat maka prosesnya pun bisa dilakukan dengan waktu yang lebih lama. Maka dari itu pastikan kamu mengeceknya setiap minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.