Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Tanpa Ribet

Problematika pengguna smartphone memang sangatlah banyak. Salah satunya adalah baterai yang tidak bisa penuh pada sudah diisi selama berjam-jam. Tentu hal ini sangat menyebalkan bukan? Oleh karenanya penting bagi kamu mengetahui cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh pada android.

Cara ini akan sangat membantu kamu ketika hendak berpergian atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Sementara pada kebanyakan orang pasti akan memilih jalan pintas yakni menggunakna powerbank sebagai cadangan untuk baterai mereka.

Namun pemakaian powerbank secara terus menerus tidak baik untuk kualitas baterai yang ada di ponsel kamu. Hal ini dikarenakan arus yang dialirkan untuk baterai tidak stabil. Untuk itulah akan lebih baik jika kamu memilih penggunaan cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh untuk mengantisipasinya.

Tips dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh, Lakukan Ini Sebagai Antisipasi

1. Menghubungkan kabel USB dengan baik

Apabila kamu mengalami pengisian daya baterai tidak mau penuh maka cobalah periksa kembali kondisi dari kabel USB. Maksudnya pastikan apakah kabel USB yang kamu pasangan itu sudah sesuai atau belum. Karena bisa saja penyebab baterai tidak mau penuh karena port USB.

Cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh menjadi langkah paling mudah. Pasalnya banyak orang yang langsung panik sehingga tidak mengetahui ternyata port USB-nya sudah rusak akibat kesalahan ketika menghubungkannya. Jadi usahakan kondisi kabel sudah baik.

2. Mengganti baterai smartphone

Cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh yang kedua adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru. Apabila cara pertama tidak menghasilkan apa-apa maka kemungkinan kedua yakni terjadi kerusakan atau keausan pada baterai ponsel kamu.

Baterai ponsel menjadi salah satu komponen yang rentas terjadi kerusakan. Tandanya biasanya baterai tampak mengembung. Jika sudah demikian kamu harus segera menggantinya supaya tidak berpengaruh lebih parah ke kondisi HP.

3. Cas HP di tempat yang tepat

Pernahkah kamu melakukan cara ekstrem yakni dengan mengisi daya baterai ke laptop atau komputer?. Jika iya jangan mengeluh baterai kamu tidak penuh karena memang tempatnya kurang mendukung.

Oleh sebabnya cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh adalah mengecas di tempat yang sesuai dan tepat. Baterai ponsel akan lebih mudah penuh apabila daya listrik yang mengalirinya juga memadai.

Daya arus listrik yang dibutuhkan ponsel untuk mengisi daya baterainy adalah 0.8 – 2A. Sementara yang bisa diberikan oleh perangkat laptop hanya sekitar 0.5A saja. itu artinya terdapat ketideksesuaian antara arus listrik yang didapatkan dan dibutuhkan. Inilah alasan kenapa baterai tidak penuh.

4. Pastikan charger asli dan original

Cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh yang keempat adalah dengan memastikan bahwa charger yang digunakan asli dan original. Hal ini dilakukan supaya baterai bisa terisi dengan efektif. Ketidaksesuaian arus listrik yang diterima bisa menyebabkan penuruanan kualitas baterai.

Untuk itu kamu disarankan untuk tetap menggunakan charger yang original dan sesuai dengan ponsel. Apabila bawaan ponsel sudah rusak, kamu bisa membelinya lagi dan konsultasi dengan penjual terkait jenis charger yang paling sesuai dan cocok untuk mengantisipasi masalah pada baterai.

5. Pastikan kabel dan kepala charger tidak rusak

Charger mempunyai 2 bagian penting yakni kabel dan kepala. Keduanya mempunyai rentan rusak yang berbeda dan yang paling rawan adalah kabelnya. Pasalnya kabel bisa terputus, koyak, atau lainnya yang tentu bisa mempengaruhi proses penghantaran arus listrik.

Maka dari itu sebelum kamu mengecas HP sebaiknya memastikan terlebih dahulu kondisi kabel dan kepala charger. Cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh bisa kamu lakukan dengan mencopot kabel lalu menancapkannya ke kepala cas lain atau sebaliknya.

6. Melakukan reset pada sistem android

Untuk cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan reset pada sistem android. terkadang secara tidak sengaja kamu menggunakan custom ROM yang tidak sesuai dengan ponsel.

Hal inilah yang membuat kapasitas daya baterai tidak terisi secara penuh dan indikator dari pengecesan mengalami eror. Misalnya saja daya baterai tampak 100% dan itu hanya beberapa menit saja. Nah, untuk mengatasinya yakni dengen mengganti custom ROM yang sesuai dengan android.

7. Mengecas android dalam kondisi nonaktif

Tak sedikit orang yang menyepelekan poin ini yakni dengan mengecas smartphone dalam keadaan masih digunakan. Parahnya lagi digunakan untuk bermain game. Game yang dijalankan mempunyai sistem yang memberatkan kinerja ponsel.

Hal inilah yang memicu baterai ponsel tidak mau penuh sekalipun tengah di cas. Nah, untuk mengatasinya kamu hanya perlu membiasakan diri untuk mengecas HP dalam keadaan nonaktif atau mati. Dengan begitu sistem akan berhenti sejenak dalam bekerja dan baterai bisa lebih mudah penuh.

Perlu kamu ketahui bahwa HP sama halnya dengan manusia yakni butuh istirahat agar tidak mudah panas dan proses pengecasan bisa dilakukan dengan baik.

8. Factory reset

Factory reset menjadi cara yang paling diandalkan oleh para pengguna. Selain itu cara ini juga sering dipakai pengguna untuk mengatasi handphone hang atau error. Factory reset sendiri mempunyai arti mengembalikan pengaturan smartphone.

Namun sebelum melakukan ini kamu harus membackup data atau memindah semua data ke perangkat lain. Bisa saja terjadi kerusakan pada sistem baterai sehingga membutuhkan reset ulang.

9. Melakukan update

Update yang sering muncul di notifikasi HP kamu jangan diabaikan. Pasalnya dampaknya bisa kemana-mana termasuk baterai. Maka dari itu disarankan pula agar kamu melakukan update pada Andorid OS untuk memperbarui sistem yang bekerja.

Biasanya pembaharuan ini dapat memperbaiki masalah-masalah yang terjadi pada ponsel. Salah satunya adalah baterai yang tidak mau penuh meskipun sudah dicharger berjam-jam. Jika belum berhasil, kamu bisa melakukan downgrade pada sistem operasi.

10. Memasang aplikasi ampere

Cara terakhir adalah dengan memasang aplikasi ampere. Aplikasi ini dapat kamu unduh lewat Play Store atau Google Play untuk mengecek kualitas charger yang kamu gunakan. Kecepatan dalam pengisian lewat nilai ampere inilah yang bisa menunjukkan perfoma charger ketika mengisi daya.

Silahkan gunakan aplikasi ini untuk membandingkan charger yang dimiliki. Selain itu ampere menjadi aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai temperature, voltase, model, kondisi baterai, dan lain sebagainya. Jadi kamu bisa mengetahui informasinya secara spesifik.

Itulah ke 10 cara yang dapat menjadi opsi bagi kamu. Dengan cara-cara diatas kamu tidak perlu lagi menggantungkan powerbank sebagai solusi penyelesaian masalah. Setidaknya cara diatas tidak memberikan efek yang buruk pada kondisi HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.