safe mode hp samsung

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Samsung

Mode aman atau safe mode merupakan salah satu fitur yang disediakan smartphone untuk mengehentikan penyebaran virus malware. Kebanyakan orang bisa mengaktifkannya, namun tidak mengerti cara menghilangkan mode aman di HP Samsung. Padahal cara ini sangat mudah untuk dilakukan.

Asal kamu tahu mode aman mempunyai cara kerja dengan menonaktifkan sebagaina besar aplikasi yang terpasang di HP Samsung. Adapun tujuannya agar mode ini lebih mudah mengatasi masalah yang terjadi. Fitur ini dikatakan sangat penting, namun perlu juga di nonaktifkan apabila selesai perbaikan.

Bagi kamu yang sudah terlanjur mengaktifkan mode aman pada HP Samsung tidak perlu panik. Pasalnya dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara menghilangkan mode aman di HP Samsung yang bisa langsung dipraktekkan. Berikut adalah penjelasan secara lengkap dan menyeluruh.

5+ Cara menghilangkan safe mode di HP Samsung yang Tidak Beresiko

  1. Menonaktifkan melalui notification panel

Cara menghilangkan mode aman di HP Samsung pertama adalah dengan menonaktifkan melalui notification panel. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu swipe down panel notifikasi. Kemudian akan muncul sejumlah informasi, cari tulisan bahwa mode aman telah aktif.

Jika sudah demikian silahkan klik mode aman aktif tersebut dan pilih Turn Off. Secara otomatis smartphone akan melakukan restart. Jika proses restart telah berakhir maka mode aman juga ikut mati secara otomatis. Bagaimana untuk cara ini sangat mudah bukan?.

  1. Uninstall aplikasi

Apabila mode aman masih tetap aktif meskipun telah mencoba mempraktekan cara menghilangkan safe mode di HP Samsung pertama tadi kamu bisa memilih opsi kedua yakni menghapus aplikasi. Hal ini dilakukan karena bisa saja aplikasi ini yang menjadi penyebab ponsel masuk ke mode aman.

Memang selain melakukannya secara manual safe mode bisa aktif karena kamu salah menginstall salah satu aplikasi di Hp. Maka dari itu agar mode aman kembali nonaktif hapuslah aplikasi yang telah kamu download sebelumnya. Bagaimana caranya?.

Jadi untuk menghapusnya kamu hanya perlu tap lama aplikasi sampai muncul tulisan copot pemasangan. Ada lagi satu cara yang bisa kamu coba adalah lewat menu Setting. Masuklah ke menu tersebut dan cari aplikasi yang akan kamu hapus.

Jika sudah, silahkan klik uninstall atau hapus instalan. Kemudian cara menghilangkan mode aman di HP Samsung berikutnya adalah dengan merestart HP. Langkah ini diambil untuk mengetahui apakah mode aman masih aktif atau tidak.

  1. Melakukan restart

Untuk cara menghilangkan safe mode di HP Samsung yang paling mudah adalah dengan melakukan restart terhadap HP. Seharusnya ketika restart dimulai maka mode aman akan otomatis mati. Namun ada pula yang tetap aktif karena suatu faktor.

Untuk merestart hp Samsung kamu hanya perlu menekan tombol power sampai muncul 2 tulisan yakni mulai lagi dan nonaktifkan. Nah, kamu bisa memilih opsi Mulai Lagi atau Restart. Cara ini sangat mudah, namun tidak cocok untuk semua jenis HP Samsung.

  1. Melepas baterai handphone

Melepas baterai handphone menjadi cara menghilangkan mode aman di HP Samsung yang keempat. Hanya saja opsi ini bisa dilakukan ketika smartphone kamu masih menggunakan baterai lepas. Sementara untuk kebanyakan handphone jaman sekarang dibekali dengan baterai tanam.

Saat baterai HP dilepas maka secara otomatis sistem akan mati. Di waktu inilah biasanya mode aman akan otomatis ikut nonaktif. Setelah dibiarkan mati beberapa saat, kamu bisa menghidupkan kembali HP Samsung yang dimiliki. Cek apakah mode aman sudah mati atau sebaliknya.

  1. Klik tombol volume bawah dan power secara bersamaan

Cara menghilangkan mode aman di HP Samsung yang satu ini masih familiar dengan restart. Hanya saja langkah yang dilakukan sedikit berbeda. Dimana kamu haruslah menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan selama 5 detik sampai HP merespon restart dengan otomatis.

Bisa dibilang cara ini memaksa HP untuk melakukan restart dengan sendirinya. Setelah proses tersebut berhasil maka mode aman bisa langsung mati. Langkah ini terbilang lebi efektif karena tidak mengharuskan kamu untuk menekan tombol yang ada di bagian layar sentuh.

  1. Factory Reset

Factory reset menjadi opsi terakhir yang bisa kamu pilih apabila kelima cara  diatas tidak bisa menonaktifkan mode aman atau mode aman sulit dihilangkan.

Untuk melakukan factory reset kamu bisa melalui menu setting atau pengaturan. Kemudian silahkan masuk ke bagian management umum. Setelahnya kamu klik Reset dan reset data pabrik. Dengan cara ini HP akan kembali ke setelan pabrik.

Perlu kamu tahu memilih opsi ini akan berakibat kehilangan semua data yang dimiliki. Jadi pastikan semua data penting dipindah terlebih dahulu ke perangkat lain.  pasalnya Factory Reset diperuntukkan agar sistem kembali seperti awal pembelian Handphone.

Meskipun kamu mempelajari cara menghilangkan safe mode, namun sebenarnya safe mode mempunyai beberapa manfaat untuk handphone. Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Safe Mode untuk Handphone

  1. Melacak kinerja sistem operasi

Untuk manfaat pertama adalah safe mode mampu melacak kinerja sistem operasi yang ada di smartphone. Seperti yang diketahui bahwa kinerja sistem akan semakin melambat seiring penggunaan. Oleh karena itu butuh dianalisa untuk mengetahui penyebab melambatnya kinerja, misal aplikasi atau file.

  1. Melindungi ponsel dari serangan malware

Malware menjadi virus smartphone atau PC yang cukup menakutkan. Pasalnya kerja malware tidaklah bisa terdeteksi sejak dini. Hal ini dikarenakan malware mempunyai beberapa mutasi yang bisa saja menyerang perangkat lunak, file, bahkan sistem.

Nah, dengan mengaktifkan safe mode atau mode aman ini ponsel kamu akan lebih aman dari serangan malware. Umumnya malware datang dari situs-situ illegal yang tak sengaja kamu buka. Memang tidak ada pertanda namun secara tiba-tiba HP bisa mengalami beberapa perubahan.

Seperti mudah panas, lemot, baterai tidak mau penuh, dan lain sebagainya. Setidaknya dengan bantuan safe mode ini kamu bisa lebih memproteksi ponsel dari malware jahat yang menyerang sistem dan juga perangkat lunak pada HP.

  1. Menghentikan serangan virus yang tak terdeteksi

Selain menjadi pelindung serangan virus, ternyata safe mode juga bisa menghentikan serangan virus tersebut. Apabila virus sudah terlanjur menyebar maka jalan satu-satunya adalah harus mengaktifkan mode ini. Dimana sistem akan diberhentikan secara paksa.

Selain itu safe mode juga akan memberikan pengawasan yang ketat terhadap aplikasi-aplikasi atau file yang rentan terkena serangan. Oleh karenanya safe mode ini juga sangat penting keberadannya, terlebih kamu pasti tidak akan menyadari situs illegal mana saja yang pernah dikunjungi.

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan untuk kamu mengenai cara menghilangkan mode aman di HP Samsung beserta manfaat dari safe mode itu sendiri. Silahkan mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.